Pengembangan Media Pembelajaran Poster Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 4 SDN 39 Pontianak Kota
Keywords:
Pengambangan, ADDIE, Media Pembelajaran, Kumpulan Poster, RnDAbstract
Tujuan dari proyek ini adalah untuk menyediakan bahan poster yang sesuai untuk digunakan di kelas IPA dan IPS tingkat sekolah dasar. Hal ini akan mengatasi salah satu kendala dalam mempelajari sains dan studi sosial serta mendukung kegiatan belajar mengajar dalam disiplin ilmu tersebut. Sudut pandang yang berbeda di antara siswa merupakan salah satu dari beberapa kesulitan yang terkait dengan mempelajari mata pelajaran sosial dan sains. Penelitian dan pengembangan merupakan strategi yang digunakan dengan mengubah paradigma ADDIE. Sebanyak 32 siswa kelas empat dari SDN 39 Kota Pontianak dan tiga verifikator ahli menjadi sumber data penelitian. Data dikumpulkan menggunakan wawancara dan kuesioner. Penelitian ini dibagi menjadi lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media ini dikategorikan sebagai sangat baik dan praktis untuk digunakan. Hal ini didukung dengan hasil kusioner sebagai berikut; aspek materi mencapai rata-rata 86,52%, didukung hasil kelayakan sebesar 98,52% oleh validator ahli, dan aspek kebahasaan memperoleh rata-rata hasil 85,15%. Rata-rata persentase orang adalah 92,5%, dan pada sisi desain diperoleh rata-rata persentase 85,15% dengan kegiatan pengujian didukung hasil kelayakan dari validator profesional dengan rata-rata persentase 92,18%
References
Lestari, M. W., Rahmadhani, I. N., Huda, M., Na’im, H., Kusuma, R. A., & Munahefi, D. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Literasi dan Numerasi di SDN 3 Krakitan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 88–97. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.88
Sulfany, L., Hermuttaqien, B. P. F., & Makkasau, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran “Poster” terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V di Sekolah Dasar. Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 58–68. https://doi.org/10.56393/melior.v3i2.1828
Rai Vivien Pitriani, N., Gusti Ayu Desy Wahyuni, I., Ketut Bali Sastrawan, I., & Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, S. (2023). Pengembangan Media Poster Berbasis Pictorial Riddle Model 4D Sebagai Bahan Ajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Program Studi Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1).
Intaha, A. M., Saputra, M. Y., & Mulyana. (t.t.). Pengaruh Media Pembelajaran Poster dan Video terhadap Penguasaan Keterampilan Pencak The Effect of Poster and Video Learning Media on the Mastery of Pencak Silat.
Minto, D. W. (2022). Pendampingan Keterampilan Berbicara Siswa di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Menggunakan Media Poster Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jurnal Abdidas, 3(3), 580–589. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.633
Hunaifi, A. A., & Saidah, K. (t.t.). Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sumardi, A., Fera, Y., & Devi, W. S. (t.t.). Media Poster Pada Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Mahasiswa Bipa Tingkat Dasar A2 Berbasis Budaya Minangkabau.
Cahyani, R., Nurhidayati, R. F., & Utami, F. B. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Dan Media Poster Dalam Pembelajaran Tema Cita-Citaku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sumber Daya Alam Siswa Kelas Iv Sdn Tanah Sareal 4 Kota Bogor. 3. http://jurnal.anfa.co.id
Rahmasari, N. I., Riska, N., & Yulianti, Y. (2023). Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Poster dan Buku Saku Terhadap Hasil Belajar Sanitasi Hygiene Kelas X Tata Boga. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(03).
Rahman, S., Hulukati, W., & Ardini, P. P. (t.t.). Nadillah 3.
Setiarini, Y., & Setyawan, A. (2023). Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Literasi Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Tanjung VI. Dalam PANDU Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum (Vol. 1, Nomor 2).
Wulandari, A., Nasbey, H., & Supriyati, Y. (2021). Media Pembelajaran Poster Berbasis Aplikasi Android Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Termodinamika. Risenologi, 6(1b), 56–62. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2021.61b.246
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nadillah, Herry Kresnadi, Asmayani Salimi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.