Perancangan dan Pembangunan Sistem Portal IT Service Management Berbasis Flutter (Studi Kasus CV. Sabar Maju)
Keywords:
ITSM, Flutter, Laravel, API, Extreme programming, SUSAbstract
CV. Sabar Maju sebagai perusahaan yang bergerak dibidang retail sangat bergantung pada sistem IT untuk membantu proses bisnisnya yang beroperasional pada multi cabang. Sistem IT yang berjalan belum didukung oleh sistem layanan IT (IT services) sehingga menyebabkan tidak aktualnya data terkait dengan layanan IT yang berjalan seperti data aset IT dan data perbaikan aset IT sehingga riwayat aset tidak jelas. Proses pelaporan kendala juga masih dilakukan secara manual sehingga penanganan kendala menjadi tidak efektif. IT Service Management (ITSM) merupakan seperangkat kebijakan dan praktek untuk mengimplementasikan, memberikan, dan mengelola layanan IT untuk end-user yang ditentukan dan tujuan bisnis yang ditentukan juga. Pembuatan sistem portal dengan acuan ITSM dapat membantu perusahaan dalam menjalankan layanan IT pada perusahaan. Front-end sistem portal ini dibangun menggunakan kerangka kerja Flutter yang bermanfaat dengan dukungan multi-platform yang baik sehingga sistem portal dapat berjalan pada platform mobile dan web dengan 1 basis kode. Back-end pada sistem ini menggunakan Laravel yang bermanfaat pada kecepatan proses dalam pembangunan sistem. Pengujian sistem dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS) dan black-box testing. Hasil pengujian menunjukan bahwa sistem portal yang dibangun sudah membantu memberikan sistem layanan IT yang efektif dan efisien
References
A. McAffee and E. Brynjolfsson, Machine, Platform, Crowd: Harnessing Our Digital Future. New York: W. W. Norton & Company, 2017.
IBM, “IT Service Management (ITSM),” IBM.
A. Arif, S. Sukuryadi, and F. Fatimaturrahmi, “Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar Di Perpustakaan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Smp Negeri 1 Praya Barat,” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), vol. 1, no. 2, Mar. 2019, doi: 10.58258/jisip.v1i2.184.
I. Suryantara, Merancang Aplikasi dengan Metodologi Extreme Programmings. Elex Media Komputindo, 2017.
F. Anwer, S. Aftab, S. Muhammad, and U. Waheed, “Comparative Analysis of Two Popular Agile Process Models: Extreme Programming and Scrum,” International Journal of Computer Science and Telecommunications, 2017.
G. Maulani, M. Karina, and I. Setiawan, “Sistem Informasi UKKO untuk Peningkatan Kinerja PegawaiStudi Kasus PT.PLN (Persero) Tangerang,” Journal CCIT, vol. 12, no. 1, 2019.
J. Osis and U. Donnis, Topological UML Modeling: An Improved Approach for Domain Modeling and Software Development. Amsterdam: Elsevier, 2017.
E. Windmill, Flutter in action. Simon and Schuster, 2020.
S. Fernando, R. Tanaamah, and A. Wijaya, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Mutu Perusahaan Menggunakan Framework Laravel dan Materialize (Studi Kasus: Bagian Pengendalian Dokumen PT. Pura Barutama Divisi Boxindo, Kudus),” Journal CCIT, vol. 10, no. 1, 2017.
Y. Supardi and Sulaeman, Semua Bisa Menjadi Programmer Laravel Basic. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.
R. Noviana, “Pembuatan Aplikasi Penjualan Berbasis Web Monja Store Menggunakan PHP dan MySQL,” Jurnal Teknik dan Science, pp. 114–115, 2022.
J. R. Lewis and J. Sauro, “Item benchmarks for the system usability scale.,” J Usability Stud, vol. 13, no. 3, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aulia Ilham Zukri, Hendry Gunawan, Binastya Anggara Sekti, Tri Ismardiko Widyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.