Perancangan Produk T-Cup Untuk Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai
DOI:
https://doi.org/10.60076/ijstech.v2i2.736Keywords:
Produk Inovatif Gantungan Kunci Ramah Lingkungan Tentengan Cup Pembungkus MinumanAbstract
T-Cup adalah produk inovatif berupa gantungan kunci yang berfungsi sebagai tentengan cup ramah lingkungan. Terbuat dari bahan kain kanvas yang tahan lama, T-Cup dirancang sebagai solusi untuk mengatasi masalah lingkungan yang disebabkan oleh penggunaan berlebihan pembungkus plastik sekali pakai. Nama produk ini berasal dari kependekan "Tentengan Cup," menggambarkan fungsinya yang ideal untuk membawa gelas atau cangkir secara praktis dan efisien. Pengembangan T-Cup berkaitan dengan kekhawatiran akan jumlah besar pembungkus plastik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan desain yang inovatif, T-Cup tidak hanya memberikan solusi untuk mengurangi sampah plastik, tetapi juga mempromosikan gaya hidup berkelanjutan. T-Cup, diharapkan masyarakat dapat beralih dari kebiasaan menggunakan pembungkus plastik sekali pakai menuju pilihan yang lebih ramah lingkungan. Dengan demikian, T-Cup menjadi salah satu langkah kecil namun signifikan dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, memperkenalkan produk inovatif yang memadukan fungsionalitas dan kepedulian terhadap lingkungan.
Downloads
References
Ulrich, K. T., & Eppinger, S. D. (2015). Product design and development (6th ed.). McGraw-Hill Education.
Purwanto, H. A. (2023). Manajemen Produk. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Google Trends. (2023, 20 Juli). Data Google Trends. Diakses dari https://trends.google.com/
Nielsen Indonesia. (2022, 20 September). Survei Nielsen Indonesia. Diakses dari https://www.nielsen.com/id/en/
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
Hartini, S. (2012). Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.83-90
Irvan, M. (2011). Fase Pengembangan Konsep Produk Dalam Kegiatan Perancangan dan Pengembangan Produk. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta, 4(3), 261–274. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/55
M. Iqbal Nur Fahmi , Wahyudi, B. R. (2017). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT PELIPAT BAJU DENGAN PENGONTROL SISTEM ELEKTRO PNEUMATIK DAN PLC UNTUK INDUSTRI KONVEKSI 1,a. J Material, 1(2), 46–55.
Fitrah, R, Endang, D.R. (2014). “Penentuan Harga Jual Menggunakan Cost Plus Pricing dengan Pendekatan Variable Costing”. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, Vol. 3.
Henry, S (2014). Hak Kekayaan Intelektual Konsepsi, Opini Dan Aktualisasi, Penaku, Jakarta Selatan, Hlm..9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kadek Adi Prandyana Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.