Perancangan Produk T-Cup Untuk Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Authors

  • Kadek Adi Prandyana Putra Universitas Udayana
  • Ni Luh Putu Lilis Sinta Setiawati Universitas Udayana
  • Ni Nyoman Niki Wagiswari Ni Nyoman Niki Wagiswari Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.60076/ijstech.v2i2.736

Keywords:

Produk Inovatif Gantungan Kunci Ramah Lingkungan Tentengan Cup Pembungkus Minuman

Abstract

T-Cup adalah produk inovatif berupa gantungan kunci yang berfungsi sebagai tentengan cup ramah lingkungan. Terbuat dari bahan kain kanvas yang tahan lama, T-Cup dirancang sebagai solusi untuk mengatasi masalah lingkungan yang disebabkan oleh penggunaan berlebihan pembungkus plastik sekali pakai. Nama produk ini berasal dari kependekan "Tentengan Cup," menggambarkan fungsinya yang ideal untuk membawa gelas atau cangkir secara praktis dan efisien. Pengembangan T-Cup berkaitan dengan kekhawatiran akan jumlah besar pembungkus plastik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan desain yang inovatif, T-Cup tidak hanya memberikan solusi untuk mengurangi sampah plastik, tetapi juga mempromosikan gaya hidup berkelanjutan. T-Cup, diharapkan masyarakat dapat beralih dari kebiasaan menggunakan pembungkus plastik sekali pakai menuju pilihan yang lebih ramah lingkungan. Dengan demikian, T-Cup menjadi salah satu langkah kecil namun signifikan dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, memperkenalkan produk inovatif yang memadukan fungsionalitas dan kepedulian terhadap lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ulrich, K. T., & Eppinger, S. D. (2015). Product design and development (6th ed.). McGraw-Hill Education.

Purwanto, H. A. (2023). Manajemen Produk. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Google Trends. (2023, 20 Juli). Data Google Trends. Diakses dari https://trends.google.com/

Nielsen Indonesia. (2022, 20 September). Survei Nielsen Indonesia. Diakses dari https://www.nielsen.com/id/en/

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Hartini, S. (2012). Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.83-90

Irvan, M. (2011). Fase Pengembangan Konsep Produk Dalam Kegiatan Perancangan dan Pengembangan Produk. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta, 4(3), 261–274. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/55

M. Iqbal Nur Fahmi , Wahyudi, B. R. (2017). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT PELIPAT BAJU DENGAN PENGONTROL SISTEM ELEKTRO PNEUMATIK DAN PLC UNTUK INDUSTRI KONVEKSI 1,a. J Material, 1(2), 46–55.

Fitrah, R, Endang, D.R. (2014). “Penentuan Harga Jual Menggunakan Cost Plus Pricing dengan Pendekatan Variable Costing”. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, Vol. 3.

Henry, S (2014). Hak Kekayaan Intelektual Konsepsi, Opini Dan Aktualisasi, Penaku, Jakarta Selatan, Hlm..9.

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Kadek Adi Prandyana Putra, Ni Luh Putu Lilis Sinta Setiawati, & Ni Nyoman Niki Wagiswari, N. N. N. W. (2024). Perancangan Produk T-Cup Untuk Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 2(2), 89–99. https://doi.org/10.60076/ijstech.v2i2.736