Pola Pengasuhan Dalam Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Asuh Di Panti Asuhan Yatim Daarul Rahman Pejaten Barat Jakarta Selatan

Authors

  • Aulia Arafah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Sahrul Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

Pola Pengasuhan, Kemandirian, Anak Asuh

Abstract

Dalam perkembangan penerapan sikap dan kepribadian anak, pola pengasuhan pada dasarnya merupakan suatu cara yang digunakan oleh orang dewasa atau kelompok kepada anak-anak dalam membantu mendidik.  Kemandirian anak asuh mempunyai nilai tersendiri bagi dirinya. Anak asuh yang berada didalam naungan pengasuh di Panti Asuhan Yatim Asuhan merupakan anak yang sudah tidak memiliki bapak atau tidak memiliki kepala keluarga. Didalam pola pengasuhan yang diberikan oleh pengasuh, pengasuh akan membangun komunikasi yang baik antara anak asuh dan pengasuh. Kemudian pengasuh akan memberikan arahan-arahan serta bimbingan kepada anak asuh terkait dengan pengasuhan yang akan diberikan oleh pengasuh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan pengasuhan yang diberikan oleh pengasuh dan faktor pendukung dan penghambat apa saja yang terdapat di Panti Asuhan Yatim Daarul Rahman. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan informan berjumlah 9  orang. Hasil dari penerapan pengasuhan oleh pengasuh kepada anak asuh merupakan hal yang baik yang sebelumnya anak tidak bisa membaca  tetapi setelah mendapatkan pengasuhan di Panti Asuhan Yatim  Daarul Rahman  anak asuh sudah dapat membaca dengan baik dan lantang,  sebelumnya anak belum bisa merapikan barang-barang sendiri dan masih bergantung pada oranglain  tetapi  ketika anak asuh mendapatkan pengasuhan oleh pengasuh maka anak asuh sudah tidak bergantung kepada oranglain, sekarang anak sudah dapat bersosialisasi dengan baik, memiliki emosi yang lebih stabil, dan sudah bisa  berani dalam memimpin  ngaji atau tahlilan karena sudah mendapatkan pelajaran didalam Panti Asuhan Daarul Rahman

References

Eko Murdiyanto. (2020) Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta (Edisi Pertama).

Sugiyono. (2020) Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaksi dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta

Abidin, A. M. (2019). Peran pengasuh panti asuhan membentuk karakter disiplin dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak. AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 11(1), 354-363.

Adha, A. (2022). Pemberdayaan Kemandirian Anak Yatim Panti Asuhan Muhammadiyah Pasar Ambacang Kuranji Padang. Jurnal An-nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 9(1), 16-35.

Afriani, E., & Afrinaldi, A. (2023). Peran Pengasuh Dalam Membina Perilaku Sosial Anak Pada Panti Asuhan Aisyiyah Putri Daerah Kota Payakumbuh. Sejahtera Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(1), 81-86.

Arif H. & Abdul Wachid B. S. (2022) Landasan Filsafat Pendirian dan Pendidikan Karakter Kemandirian Anak Yatim di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 4.

Downloads

Published

2024-03-22

How to Cite

Aulia Arafah, & Muhammad Sahrul. (2024). Pola Pengasuhan Dalam Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Asuh Di Panti Asuhan Yatim Daarul Rahman Pejaten Barat Jakarta Selatan. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(8), 622–634. Retrieved from https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/374